Di beberapa industri, identitas pelanggan sangat penting. Misalnya, bank perlu memastikan bahwa nasabahnya tidak terlibat dalam transaksi ilegal melalui layanannya. Itu sebabnya pemerintah mewajibkan beberapa bisnis, seperti lembaga keuangan, untuk memahami dan mengenal pelanggan mereka.
Kenali Pelanggan Anda, atau KYC (Know Your Customer), telah menjadi praktik standar berbagai bisnis dan bank ketika memverifikasi identitas pelanggan terkini atau calon pelanggan, serta menilai risiko yang terkait dengan pelanggan sesuai dengan persyaratan hukum. KYC membantu Anda mencegah pencucian uang dan penipuan keuangan lainnya.
Namun, saat transformasi digital menjadi norma baru, konsep eKYC (electronic Know Your Customer/ system elektronik ‘Kenali Pelanggan Anda’)semakin menonjol. Tapi, apa yang dimaksud dengan eKYC? Bagaimana cara kerjanya? Mengapa system ini mengubah masa depan KYC? Dalam posting blog ini, kita akan mendalami eKYC dan bagaimana Anda dapat memanfaatkannya untuk mendorong inovasi.
Apa itu eKYC
Electronic Know Your Customer (eKYC), singkatnya, mengacu pada solusi verifikasi identitas online tanpa kertas atau sistem ID digital yang digunakan oleh perusahaan. Saat pelanggan telah siap mengambil keputusan (onboarding), perusahaan dan organisasi akan memverifikasi informasi pribadi, seperti nama, alamat, nomor identitas, dll. untuk meminimalkan risiko penipuan identitas dan menetapkan identitas individu. Bank, perusahaan e-commerce, dan perusahaan asuransi menyukai eKYC karena KYC digital beroperasi lebih cepat dan lebih efisien.
Manfaat eKYC
Mendigitalkan dan mengotomatiskan KYC mengandung arti alamiah sebagai berikut. Pertama, proses orientasi pelanggan dipermudah. Kedua, proses peninjauan dan verifikasi identitas pelanggan dapat dipercepat. Walau demikian, manfaat penerapan praktis eKYC telah melampaui peningkatan efisiensi. Hal ini juga dapat membantu bisnis dan organisasi dalam banyak cara.
Pengalaman pelanggan yang lebih baik
Dengan eKYC, Anda akan dapat memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan Anda. eKYC memungkinkan pelanggan untuk diverifikasi secara real-time, yang pada gilirannya memungkinkan pelanggan baru untuk mengakses produk dan/atau layanan dengan lebih cepat.
Selain akses yang lebih cepat ke produk dan layanan yang diinginkan, nasabah juga dapat menikmati perbankan online. Dengan mengikuti prosedur eKYC, bank dapat memverifikasi identitas pelanggan dari jarak jauh.Di sisi lain, pelanggan dapat mengelola rekening mereka tanpa perlu mengunjungi kantor cabang untuk memverifikasi identitas mereka secara langsung.
Peningkatan tingkat percakapan
Pengalaman pelanggan yang lebih baik menghasilkan tingkat percakapan yang lebih tinggi. Pelanggan yang senang dengan layanan Anda lebih cenderung menetap bersama Anda.
Mengurangi beban kerja
eKYC memungkinkan Anda mengelola sumber daya manusia secara lebih efisien. Tanpa perlu peninjauan manual, para karyawan yang bertanggung jawab atas proses KYC dapat meningkatkan fokus mereka dan menciptakan nilai lebih bagi organisasi Anda.
Risiko operasional lebih rendah
eKYC juga menghilangkan peluang kesalahan yang mungkin terjadi selama entri data manual. Hal tersebut dapat tercapai karena hanya sedikit pekerjaan manual yang diperlukan selama proses tersebut. Kemungkinan salah memasukkan informasi yang sama menjadi sangat berkurang.
Proses fleksibel dan dapat disesuaikan
Manfaat lain dari eKYC adalah sebagai berikut. Anda dapat mengubah prosedur KYC dengan mudah jika diperlukan.KYC tradisional mengharuskan pelanggan mengisi formulir untuk memulai proses. Jika Anda ingin membuat beberapa perubahan, Anda harus terlebih dahulu membuat dan mencetak formulir baru, mendistribusikannya ke seluruh kantor cabang, lalu membuang yang lama. Hal ini bisa menjadi tugas yang berat. eKYC membuat perubahan dan adaptasi menjadi lebih mudah.
Jenis eKYC
Berbagai teknologi dan metode verifikasi dibangun menuju solusi eKYC. Bisnis dan organisasi yang berbeda juga dapat memilih salah satu model yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Metode verifikasi identitas eKYC umum meliputi:
eKYC biometrik
Biometrik eKYC menggunakan perangkat dengan teknologi AI seperti pengenalan wajah dan pemindaian sidik jari untuk memverifikasi identitas pelanggan.
Video KYC
Video KYC adalah salah satu metode eKYC yang paling umum. Sistem ini diterapkan melalui panggilan video. Perusahaan atau organisasi dapat mengonfirmasi identitas pelanggan dengan membandingkan video langsung pelanggan dan dokumen identitas mereka dari jarak jauh. Verifikasi otomatis juga dapat menjadi bagian dari proses video KYC dengan teknologi pengenalan wajah bertenaga AI. Pemindai wajah dan alat pencocokan wajah membantu mempercepat video KYC.
eKYC Dokumen
eKYC Dokumen melibatkan penggunaan dokumen elektronik, seperti ID digital dan ePassports, atau pengambilan gambar dokumen identitas untuk mengonfirmasi identitas. Teknologi AI juga bisa dihadirkan untuk memverifikasi keaslian dokumen yang diberikan.
Contoh eKYC
Contoh penerapan eKYC, saat ini, dapat ditemukan di seluruh dunia dan di berbagai industri. Berikut beberapa beberapa contohnya:
Perbankan
Dalam industri perbankan, eKYC dapat digunakan untuk mengenal nasabah baru dengan cepat dan efisien. Alih-alih meminta nasabah datang ke cabang untuk menunjukkan ID dan dokumen lainnya, bank dapat menggunakan eKYC untuk memverifikasi identitas nasabah dari jarak jauh. Hal ini menghemat waktu, baik untuk nasabah maupun untuk bank. Sistem ini juga membantu mencegah penipuan dengan memastikan bahwa nasabah telah berkata jujur mengenai diri mereka.
Salah satu contohnya adalah Standard Chartered Bank. Standard Chartered Bank adalah sebuah lembaga keuangan multinasional. Lembaga ini menggunakan eKYC untuk mendukung nasabah. Sistem eKYC Standard Chartered melibatkan pengambilan foto nasabah dan memverifikasinya dengan dokumen identitas yang dikeluarkan pemerintah.
Asuransi
Dalam industri asuransi, eKYC dapat digunakan untuk memverifikasi identitas pemegang polis dan mencegah penipuan. Dengan menggunakan biometrik eKYC, perusahaan asuransi dapat memastikan bahwa orang yang mengajukan klaim adalah orang yang sama, yang telah mengambil polis. Sistem ini membantu mencegah klaim palsu dan mengurangi risiko penipuan asuransi.
Perdagangan elektronik
Dalam industri perdagangan elektronik/ e-commerce, eKYC dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan mencegah penipuan. Dengan menggunakan eKYC dokumen atau eKYC biometrik, penjual online dapat memverifikasi identitas pelanggan mereka dan mengurangi kemungkinan transaksi bodong. Sistem ini juga membantu membangun kepercayaan pelanggan dan memastikan bahwa informasi pribadi mereka terlindungi. Selain itu, eKYC dapat digunakan untuk merampingkan proses checkout, membuatnya lebih cepat dan lebih mudah bagi para pelanggan ketika mereka melakukan pembelian secara online.
Alibaba, sebagai perusahan raksasa e-commerce yang berbasis di Cina, menggunakan eKYC untuk memverifikasi identitas penjual dan pembeli di platformnya. Sistem eKYC Alibaba melibatkan kombinasi data biometrik, seperti pengenalan wajah, dan verifikasi dokumen untuk memastikan bahwa pengguna/ pelanggan telah jujur mengenai identitas pribadi mereka.
Pemerintah
Pemerintah India telah menerapkan Aadhaar, sistem eKYC berbasis biometrik yang menggunakan sidik jari dan pemindaian iris mata seseorang untuk memverifikasi identitas mereka. Aadhaar digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk membuka rekening bank, mengajukan tunjangan pemerintah, dan mengajukan pengembalian pajak.
Solusi eKYC berbasi AI yang kami miliki
Kami bekerja dengan penyedia cloud terbaik yang teknologi pengenalan wajah AI-nya memungkinkan Anda menjelajahi berbagai opsi eKYC dan memverifikasi pelanggan Anda secara lebih efisien dan akurat. Segera booking konsultasi gratis dengan pakar cloud kami dan cari tahu cara mengintegrasikan teknologi AI ke dalam sistem Anda.